Guru Pendidikan Agama Kristen sebagai Pemimpin dalam Menumbuhkan Karakter Serta Spiritual Peserta Didik
Keywords:
Teacher , Educaation Cristian, Spiritual, StudenAbstract
The leader in promoting spirituality and character in schools is the Christian teacher. Good character and spirituality will produce good learners who can have an impact on the surrounding environment. As a Christian, of course the first thing that is seen is not the religion but the actions that characterize the true followers of Christ. A true Christian not only recognizes himself as a Christian but also has a lifestyle like the Lord Jesus. The religion teacher as the center in this case must provide an example of a life like Jesus Christ whose words and actions must be in accordance with the teachings he taught his students. That way the students follow the right example.
Abstrak
Pemimpin dalam memajukan spiritual dan karakter di sekolah adalah guru agama kristen. Karakter dan Spiritual yang baik akan menghasilkan peserta didik yang baik yang dapat memberikan dampak bagi lingkungan sekitarnya. Sebagai orang kristen tentu hal yang pertama kali dilihat bukanlah agamanya melainkan tindakan yang perilaku yang mencirikan pengikut kristus yang benar. Seorang kristen yang sejati tidak hanya mengakui dirinya kristen tetapi juga memiliki gaya hidup yang seperti Tuhan Yesus. Guru agama sebagai sentral dalam hal ini harus memberikan teladan kehidupan yang seperti Yesus Kristus yang perkataan dan tindakan harus sesuai dengan ajaran yang diajarkan kepada para muridnya. Dengan begitu para murid mengikuti teladan yang benar.
Kata Kunci : Guru, Pendidikan Agama Kristen, Spiritual, Murid
References
DAFTAR PUSTAKA
Budiarto, Y. (2005). Followership: Sisi Lain Kepemimpinan yang Terlupakan. Jurnal Psikologi, 3(1), 19–23.
Budiman, S., Siswanto, K., & others. (2021). Model Kepemimpinan Yesus Dalam Injil Yohanes Sebagai Teladan Bagi Kepemimpinan Kristen Di Gereja Lokal. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 2(1).
Delvryance, A., Seldjatem, C., & Sunardi, P. (2024). Kepemimpinan Pelayanan Yesus Kristus Sebagai Model Bagi Pendidik Kristen dalam Mewujudkan Keharmonisan Sosial pada Tahun 2045. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen Dan Katolik, 2(4), 198–208.
Dewi, E. R., Hidayatullah, C., Oktaviantari, D., Raini, M. Y., & Islam, F. A. (2020). Konsep Kepemimpinan Profetik. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 147–159.
Dingu, D. U., Dethan, E., Kristiyan, P., & Loka, P. K. (2023). Peranan Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen Ditinjau dari Katekismus Heidelberg Minggu Ke-12 dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SD Negeri Pakupetas Kelas 4 Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Katolik, 1(3), 1–12.
Gaol, N. T. L., & Nababan, A. (2019). Kepemimpinan Guru pendidikan Agama Kristen. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 89–96.
Halawa, C., Hestiningrum, P. N., & Iswahyudi, I. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.55076/didache.v2i2.44
Herman, S., & Dharmawan, R. (2024). Pemimpin Sejati dengan Pola Kepemimpinan Yesus. Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 24–36.
Hs, D. E. R. (2022). Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Kasih Sayang Siswa SMAN 1 Batu. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 166–181.
Hutahaean, W. S., & SE, M. T. (2021). Filsafat dan teori kepemimpinan. Ahlimedia Book.
Lahagu, A., & Hidayat, D. (2023). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah Kristen. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 35–44.
Luwis, R. (2020). Keteladanan Kepemimpinan Rasul Paulus sebagai Role Model dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Berdasarkan Efesus 4: 1-16 di Gereja Bahagian Bahasa Melayu di Negara Brunei Darussalam. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(2), 142–153.
Marbun, R. E., Situmorang, M., Hutabarat, R. G., Hutapea, N. H. T., & Naibaho, D. (2023). PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI PEMIMPIN TERHADAP PERTUMBUHAN IMAN PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 1119–1131.
Nainggolan, A. M., & Janis, Y. (2020). Etika Guru Agama Kristen Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika. https://doi.org/10.46348/car.v1i2.23
Nantara, D. (2022). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan di sekolah dan peran guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2251–2260.
Purwanto, A. (2020). Kepemimpinan Yesus Kristus sebagai Model Kepemimpinan Kristen. Mathetes: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 131–146.
Siahaan, G., Pakpahan, M., & Gea, I. (2023). Membangun Jiwa Kepemimpinan Kristen Sejak Remaja. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 1044–1062.
Syahril, S. (2019). Teori-teori kepemimpinan. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(02), 208–215.
Telaumbanua, A. (2018). Peranan guru pendidikan agama kristen dalam membentuk karakter siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231.
Usman, H. (2015). Model kepemimpinan instruksional kepala sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yasanema Berkat Zebua (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



